Solusi Masalah yang Sering Di hadapi Remaja

Solusi Masalah yang Sering Di hadapi Remaja

solusi masalah remaja

Masa remaja adalah masa masa mencari jati diri. Di mana masa masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Di masa remaja ini banyak orang tua, guru dan pendidik yang tidak bisa memahami mereka.

Bukan hanya orangtua, guru dan teman temannya. Bagaimanapun, remaja sendiri juga merasa sulit memahami diri mereka sendiri.

Banyak pendidik, guru  dan orang tua yang mengharapkan remaja bisa cepat dewasa. Bahkan mereka menganggap remaja adalah masa masa sudah dewasa. Remaja sudah harus tahu apa yang harus mereka lakukan tanpa perlu di beri tahu.

Sering sekali, mereka tidak mau tahu dengan problem dan masalah yang dihadapi oleh remaja. Sehingga terjadi perbedaan pemahaman yang sangat tajam.

Di sinilah sering terjadi pertengkaran, percekcokan antara anak dengan orang tuanya. Sering terjadi kesalahpahaman antara seorang guru dengan siswanya.

Sering dengar, kan? Atau malah jangan jangan, sering mengalami?


Di masa masa pancaroba, di masa mencari jati diri ini. Remaja harusnya didekati, didampingi agar mereka bisa memahami apa itu masa remaja. Mereka perlu di beri pengertian  dan pemahaman bagaimana caranya mereka bisa mengendalikan diri dari memuncaknya nafsu yang muncul di usia remaja.

Mereka sangat ingin agar orangtua dan guru bisa memahami kegelisahan yang sedang mereka alami. Sebenarnya mereka ingin bersikap dewasa. Bisa menyelesaikan banyak masalah. Mereka tidak mau mengganggu dan merepotkan orangtua. Mereka tidak ingin menjadi beban dan masalah dalam keluarga. Ini keluh kesah mereka.

Tetapi ternyata dalam diri mereka, ada begitu banyak masalah yang sulit dan pelik yang sedang mereka hadapi. Mulai dari perasaan dan asmara dengan lawan jenis. Masalah dengan teman dan sahabatnya.

Maka bagi kamu yang saat ini masih berada di usia remaja, saya ucapkan sukses dan selamat.
Kamu sedang berada di usia usia yang sangat menentukan. Di mana masa depan kita, di tentukan hari ini. Bagaimana nasib engkau di masa mendatang. Sekaranglah saat yang tepat untuk mengukirnya.

Lantas apa yang harus saya lakukan?


Untuk bisa sukses dan tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Berikut nasehat-nasehat saya buat kamu:

1. Jadilah dirimu sendiri. Be your self


untuk menjadi orang yang sukses, maka kamu harus menjadi diri kamu sendiri. Bagaimana cara menjadi diri sendiri?
Bersikaplah sebagaimana kamu bersikap, sebagaimana kamu berbuat.

2. Bersikap optimis (percaya diri)


untuk menjadi pribadi yang sukses, maka kamu harus punya optimis yang tinggi. Bangun sikap ini dalam diri kamu sendiri. Jangan pernah biarkan kamu gagal sebelum berperang. Jangan biarkan perasaan rendah diri, merasuk ke dalam jiwamu. Optimis ibarat gergaji yang sangat tajam yang mampu menggergaji batang kayu yang keras sekalipun.

Berbekal optimis, kamu akan menjadi pribadi yang semangat dan antusias menghadapi persoalan apapun. Kamu akan bersikap dewasa, berjiwa besar dalam menghadapi masyarakat.

Pun katakan dalam dirimu bahwa kamu akan bisa menyelesaikan semua masalah. Bukan karena kamu pintar. Bukan karena kamu cakap. Tetapi karena dalam dirimu ada Allah yang Maha Besar. Katakan kepada masalah-masalah, "Aku tidak takut kepadamu, karena aku punya Allah yang Maha Besar"

3. Syukuri dirimu sendiri

Cara terbaik untuk menjadi pribadi yang luar biasa adalah bersyukur. Bersyukur mampu menarik energi yang luar biasa dari luar. Syukur mampu mendorong dan mengeluarkan energi positif dari dalam diri. Syukur melahirkan ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan.

Betapa tidak, Allah menciptakan jutaan makhluk di alam semesta ini. Dan salah satunya adalah kamu. Bersyukurlah kepada Allah karena Allah menciptakan kamu menjadi seorang manusia bukan yang lain.

Allah tidak menciptakan kamu menjadi sapi atau bebatuan tetapi Allah dengan karyaNya, menciptakan kamu menjadi manusia yang luarbiasa.

Bukan hanya itu, Allah membekali kamu dengan kecerdasan dan kepintaran.

Jadilah pribadi yang luar biasa. Dengan bersyukur kepada Allah, kamu akan banyak menyadari betapa besar karunia dan nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada kamu.

4. Jaga pergaulanmu

Seorang bijak berkata "Temanmu mencurimu". Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa temanku menjadi pencuri?

Mungkin kamu akan  membela diri, dia tidak pernah mencuri dariku.

Sebaliknya, dia banyak bantu aku. Ngajak aku jalan-jalan. Dia sering ajak aku ke rumahnya. Dia memberi aku makanan yang enak. Bermain game berjam-jam. Dia mengajakku jalan-jalan ke mall. Dia mentraktir aku dengan makanan yang enak-enak.

Nah itulah mencuri yang sebenarnya. Dia tidak mencuri uang dan hartamu. Dia tidak mencuri sepeda motormu.

Tetapi dia mencari waktu waktumu dengan mengajaknya ke rumahnya. Mengajakmu bermain game berjam-jam. mengajakmu alan-jalan di mall. Itu artinya waktu kamu banyak di situ olehnya.

Kamu tidak sadar, bahkan kamu merasa senang dan bangga karena sering diajak main ke rumahnya.Di tambah dengan makanan yang istimewa.

Padahal, itu adalah racun bagi dirimu sendiri.


Bergaulah dengan teman yang bisa membawamu dan mengajakmu ke jalan yang baik dan benar. Carilah teman yang bisa menasehatimu. Cailah teman yang bisa mengingatkan kamu berbuat salah dan  mengajak kepada kebaikan.

Ibarat pepatah bilang "Dekat dengan penjual minyak wangi akan ikut kecipratan wangi. Juga sebaliknya, dekat dengan tukang kayu bakar akan ikut kena bau kayu bakar".

Dalam pergaulan,  kita banyak berinteraksi, berteman dan bergaul dengan orang-orang yang baik dan berkualitas. Maka kita akan ikut kecipratan menjadi pribadi yang baik dan berkualitas.

Jika kita sering berinteraksi, bersehabat dan berkawan dengan orang-orang yang tidak berkualitas, suka nongkrong, suka nonton  film. Maka kita akan tumbuh menjadi pribadi yang apatis.

Tetapi aku yakin, itu bukan kamu. Kamu adalah pribadi yang luar biasa, cerdas, pandai, mampu menguasai waktu.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Masalah yang Sering Di hadapi Remaja"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda di sini......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel