Keajaiban Panca Indera Ciptaan Allah. Panca Indera Jendela Dunia


Keajaiban Panca Indera Ciptaan Allah. Panca Indera Jendela Dunia

Panca Indera Ciptaan Allah


Manusia, makhluk yang di ciptakan dalam keadaan sempurna. Komplit berupa peralatan fisik yang di desain oleh Allah dengan sangat teliti dan akurat sesuai dengan fungsi dan kegunaannya berupa panca indera. Dengan panca indera, Allah mengenalkan kita dengan dunia. Memperlihatkan kepada kita keindahan dunia yang fana ini.

Panca indera secara langsung mampu berhubungan dengan alam semesta, dengan materi yang tampak di sekitar kita.

Peralatan yang berupa panca indera ini dalam istilah komputer di sebut hardware antara lain; berupa dua bola mata untuk melihat, dua daun telinga untuk mendengar, dua lubang hidung untuk mencium aroma bau, lidah untuk mencicipi rasa dan kulit untuk merasakan melalui sentuhan.

Fisik, ibarat wadah bagi jiwa dan kreatifitas. Dengan fisik, kita bisa beribadah, berkomunikasi dengan orang lain.


Maka, keadaan fisik perlu di jaga dan di pelihara. Tidak boleh asal asalan. Bahkan pepatah mengatakan "Mensana in corporisano" Artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. 

Panca indra merupakan salah satu karunia dan nikmat dari Allah subhanahu wa ta'ala yang sangat besar. Begitu besarnya nikmat Allah ini, terkadang kita lalai dan lupa untuk mensyukurinya. Kita lebih banyak mengeluh terhadap sesuatu yang tidak kita miliki . Kita selalu menginginkan sesuatu yang tidak kita punya.


Di antara anugerah dalam kehidupan kita adalah panca indera. Allah telah memberi kita karunia berupa panca indra. Begitu besar manfaat dari panca indra ini sehingga kita perlu memahami fungsi dan manfaat panca indera. Berikut beberapa manfaat dan kegunaan panca indra karunia Allah:
Anugerah Mata

Nikmat Mata



Mata merupakan salah satu nikmat dari Allah yang sangat luar biasa bagi kita. Bagaimana tidak, dengan mata kita bisa melihat segala ciptaan Allah. Dengan mata kita bisa melihat keindahan dan kesempurnaan ciptaan Allah. Mulai dari binatang, hewan, pepohonan, tumbuh-tumbuhan bahkan ikan di dasar lautan.


Semua mahakarya ciptaan Allah yang sempurna, hanya bisa kita lihat dengan mata. Mata yang sehat bisa melihat segala sesuatu. Tetapi itu saja tidak cukup, perlu dibarengi dengan keimanan yang kuat di dalam dada. 

Maka kombinasi antara kesempurnaan iman dan kesehatan mata dibarengi dengan keimanan yang kokoh akan menghadirkan ketakjuban dan kesyukuran kepada Allah atas segala karunia-Nya untuk kita.


Tahukah anda bahwa mata mampu memproses 36.000 informasi setiap jamnya. Mata mampu mentransfer berbagai macam data ke otak untuk diproses lebih lanjut. 


Dengan begitu, Anda mampu memahami, menganalisa dan mengevaluasi secara langsung informasi yang anda lihat. Sehingga Anda bisa paham dan mengerti. Semuanya terjadi dalam waktu beberapa detik saja.



Anugerah hidung



Salah satu nikmat besar Allah untuk kita adalah anugerah hidung. Hidung mampu mendeteksi dan mencium 10.000 jenis bau yang berbeda-beda. 

Walaupun indra penciuman manusia jauh lebih rendah dari pada indra penciuman yang dimiliki oleh hewan dan binatang tetapi manusia mampu mendeteksi begitu banyak bau dengan memanfaatkan reseptor penciuman. 

Reseptor penciuman masing-masing orang dikodekan dengan kode yang sangat unik. Ketika anda kekurangan gen maka anda tidak mampu memiliki kemampuan untuk mendeteksi bau secara maksimal.



Tahukah anda bahwa wanita memiliki indra perasa dan penciuman jauh lebih baik daripada seorang pria. Ada sebuah studi yang dilakukan oleh seorang ahli di Amerika beberapa waktu yang lalu. Dia menunjukkan bahwa wanita usia muda mampu mendeteksi berbagai macam aroma pada tingkat tinggi daripada laki-laki.

Hal ini dimungkinkan karena wanita memiliki hormon seks yang lebih tinggi. Ketika seorang pria dan wanita mencapai usia paruh baya atau bahkan lebih tua lagi, indra penciuman mereka akan setara selevel.



Anugerah telinga



Tahukah anda bahwa telinga merupakan salah satu organ yang sangat penting yang mampu untuk mendeteksi, mengenali berbagai macam suara. Telinga memiliki peran penting menyeimbangkan posisi tubuh. 

Telinga hewan vertebrata memiliki dasar yang mirip mirip dengan ikan daripada dengan manusia. contoh ini ada beberapa variasi yang sesuai dengan fungsi dan spesiesnya.

Suara merupakan salah satu bentuk energi yang mampu bergerak melalui udara, air, dan beberapa benda lainnya. Suara bergerak dalam sebuah gelombang. 

Walaupun telinga yang mampu mendeteksi suara tetapi pengakuan dan interpretasi fungsi dilakukan di otak dan sistem saraf pusat. Ketika mendengar informasi, maka informasi ini disampaikan ke otak melalui jaringan saraf yang menghubungkan antara telinga dan otak.



Dengan anugerah Allah berupa telinga,  kita bisa berkomunikasi efektif dengan orang lain. Kita bisa mendengar nasehat dan petuah dari guru-guru. Kita bisa mendengar ceramah dan mauidhoh Hasanah dari berbagai macam media. Mulai dari radio, televisi, YouTube dan lain sebagainya. 


Pendek kata, dengan anugerah Allah berupa telinga, kita bisa terhubung secara langsung baik dengan orang lain atau dengan media lain seperti handphone Android, telepon dan lain sebagainya.



Anugerah lidah


Lidah merupakan salah satu anugerah Allah yang sangat besar untuk kita. Dengan lidah, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dengan lidah, kita bisa menyampaikan pendapat dan gagasan, ide brilian di hadapan orang lain.



Bukan hanya itu, lidah termasuk indra pengecap yang sempurna di dalam lidah sudah ada berbagai macam kumpulan otot rangka yang ada pada dasar mulut yang mampu membantu proses pencernaan makanan. 

Lidah mengunyah dan menelan berbagai macam makanan. Lidah sangat dikenal sebagai rasa selera yang memiliki struktur yang lebih pengecap tidak juga mampu membantu proses komunikasi kita dengan orang lain.



Ternyata di permukaan atas lidah, ada berbagai macam benjolan apabila tonjolan ini dapat dikelompokkan menjadi tiga bentuk. Bentuk benang untuk dataran dikelilingi parit parit serta bentuk jamur Tunas pengecap ada pada Parepare papila. Bentuk dataran pada bagian samping apabila berbentuk jamur dan ada di permukaan berbentuk benang.



Anugerah kulit




Nggak kebayang, jika ada orang hidup tanpa kulit. Bisa dibayangkan betapa menderitanya dia. Bayangkan saja, dia hanya terdiri dari tulang dan daging tanpa kulit. Maka Anugerah Kulit merupakan anugerah yang sangat besar untuk kehidupan kita di dunia ini.




Kulit merupakan salah satu organ perasa yang bersifat sentuhan. Pada kulit yang berujung saraf dari satuan. Akan tetapi tidak semua bagian permukaan kulit berfungsi sebagai alat yang mampu meraba secara sensitif. Bagian kulit yang paling sensitif adalah ujung jari serta putih kulit.



Kita ternyata mampu membedakan antara sesuatu yang kasar, panas, halus, nyeri bahkan dingin. Ternyata kulit manusia terdiri dari berbagai macam epidermis, dermis dan hipodermis. Kulit berfungsi utama sebagai alat ekskresi karena ada kelenjar keringat, kelenjar sudorifera. Di mana kelenjar ini terletak di lapisan dermis.



Anugerah indra keenam



Ada beberapa orang yang memiliki kelebihan khusus. Dia mempunyai kepekaan indera keenam dan keistimewan yang lainnya. Indra keenam mampu bertindak sebagai indra untuk menangkap berbagai macam informasi tentang dunia luar yang ada di sekitar kita. 

Di mana informasi ini tidak bisa diperoleh dan didapat melalui Indra biasa. Dalam bahasa Inggris, indra keenam biasa disebut sebagai parapsikologi. Ini adalah istilah yang sangat teknik. Bagaimana indera keenam ini berfungsi sebagai persepsi sensori tambahan atau ESP.



Berbagai macam bentuk Indra ke-6


Secara umum manusia memiliki indra 5.Yaitu indra penglihatan, mata, Indra peraba, kulit. indra penciuman, hidung. Indra perasa, lidah. Dan indera pendengaran, telinga. ke lima jenis indera ini kita sebut sebagai panca indera. 

Dalam kehidupan nyata sehari-hari, panca indra sangat berperan efektif dalam rangka mendapatkan informasi tentang dunia luar yang ada di luar kita.




Tahukah anda bahwa di luar panca indra itu, ada banyak orang yang memiliki kemampuan lebih. Dia mampu mengakses Indra ke-6. Orang akan mudah untuk dianggap memiliki kelebihan indra keenam jika mereka mampu melakukan hal-hal yang tidak bisa didengar dan dirasakan oleh orang lain. 

Misalnya saja, mampu melihat hantu dan berkomunikasi dengan mereka. Apalagi, jika dia mampu memprediksi masa depan.




Sahabat ku yang berbahagia,

Inilah sedikit ulasan singkat tentang panca indera dan indera ke enam yang bisa penulis sajikan. Semoga bermanfaat.




Abi Daril Hasan, Writer Intrepreneur









1 Komentar untuk "Keajaiban Panca Indera Ciptaan Allah. Panca Indera Jendela Dunia"

Silahkan tuliskan komentar anda di sini......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel