Kiat Menulis Cerpen yang Tak Biasa



Banyak orang yang ingin bisa menulis cerita pendek. Minimal untuk mengabadikan kisah kehidupannya sendiri. Namun, tak banyak orang yang mampu menyajikan cerita menarik dalam bentuk cerita pendek. Belajar menulis cerpen itu penting agar mampu menyajikan cerita yang menarik dan membuat pembaca puas.

Pengertian Cerpen

Cerpen dalam KBBI adalah cerita yang berisi kisah cerita yang isinya tidak lebih dari 10.000 kata. Cerita ini hanya fokus pada 1 tokoh

Sedangkan menurut J.S Badudu pengertian cerpen adalah cerita pendek yang yang berfokus dan berkonsentrasi pada satu peristiwa atau kejadian tertentu. Pada peristiwa kejadian tersebut hanya mengisahkan satu tokoh cerita saja.

Struktur Cerpen

Berikut beberapa struktur cerpen, yaitu:

Abstrak

Abstrak adalah ringkasan cari cerita yang disampaikan. Mencantumkan abstrak ini sifatnya opsional saja, tidak harus ada.

Orientasi

Biasa dikenal dengan setting cerita. Dalam orientasi ini kamu bisa menyajikan tempat, waktu, suasana yang digunakan dalam alur cerita.

Komplikasi

Yaitu penokohan atau watak dalam alur cerita cerpen.

Evaluasi

Evaluasi ini untuk memastikan bahwa cerita memiliki ruh dan konflik yang tersaji secara menarik dan mampu mencapai klimaks.

Resolusi

Cerita pendek yang baik itu mampu menghadirkan masalah dan solusi yang tepat, bukan mengambang.

Koda

Cerpen yang baik itu menyajikan pesan moral yang positif untuk pembacanya. Nilai atau pesan moral ini bisa disajikan, baik secara lugas atau hanya tersirat saja.

Cara Membuat Cerpen yang Menarik

Berikut langkah menulis cerpen yang bagus dan menarik:

Luangkan Waktu Terbaik

Untuk menghasilkan karya cerpen yang bagus dan menarik bagi pembaca, kamu perlu menyiapkan waktu terbaik untuk merencanakan dan menulis cerpenmu.

Mencari Ide

Ide itu penting untuk menghasilkan cerita yang menarik. Kamu bisa ambil ide dari kehidupan kamu atau dari orang-orang dekat kamu. Tentu, kamu perlu menampilkan tokoh dengan nama yang samar.

Menulis Dengan Gaya Kamu Sendiri

Faktor penting cerpen yang menarik adalah gaya penulisan. Setiap orang itu punya gaya menulis yang berbeda-beda. Kamu tak harus meniru gaya orang lain dalam menulis. Kamu bisa menemukan gaya tulisan kamu sendiri. Semakin otentik, maka hasilnya semakin bagus, orisinal dan berkualitas.

Membuat Alur Atau Plot

Cerita yang bagus dan menarik itu punya alur yang runtut dan mengalir. Alur ini akan mampu menggerakkan cerita mencapai tujuan yang diinginkan penulisnya.

Menentukan Penokohan

Penokohan dalam cerita pendek itu penting. Kamu bisa menentukan 2 atau 3 tokoh saja. Tokoh yang punya karakter kuat mampu menyajikan cerita secara apik  dan menarik.

Membuat Sudut Pandang

Sudut pandang adalah cara seseorang dalam menyajikan penokohan dalam cerita sehingga cerita jadi lebih hidup.

 

 

 

Belum ada Komentar untuk " Kiat Menulis Cerpen yang Tak Biasa"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda di sini......

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel